Nama : Reza Hana Partiwi
Kelas : 4EB03
NPM : 27213501
Tanggal lahir : 23 juli (Ganjil)
Pertanyaan KAJI ULANG
1. Bedakan
antara profesional sistem, pengguna akhir, dengan pemegang kepentingan?
- Profesional sistem adalah analis, teknisi sistem, dan programer. Orang-orang inilah yang akan benar-benar membangun sistem. Mereka mengumpulkan berbagai fakta mengenai masalah dalam sistem yang telah ada, menganalisis fakta tersebut, dan merumuskan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Hasil dari usaha mereka adalah sistem baru.
- Pengguna akhir adalah pihak untuk siapa sistem dibangun. Mereka adalah para manajer yang menerima laporan dari sistem dan para personel operasional yang bekerja secara langsung dengan sistem tersebut sebagai tanggung jawab harian mereka.
- Pemegang kepentingan adalah orang-orang di dalam atau di luar perusahaan yang memiliki kepentingan atas sistem terkait akan tetapi bukan merupakan pengguna akhir sistem tersebut. Orang-orang ini meliputi akuntan, auditor internal dan eksternal, serta komite pengarah internal yang mengawasi pengembangan sistem
- Profesional sistem adalah analis, teknisi sistem, dan programer. Orang-orang inilah yang akan benar-benar membangun sistem. Mereka mengumpulkan berbagai fakta mengenai masalah dalam sistem yang telah ada, menganalisis fakta tersebut, dan merumuskan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Hasil dari usaha mereka adalah sistem baru.
- Pengguna akhir adalah pihak untuk siapa sistem dibangun. Mereka adalah para manajer yang menerima laporan dari sistem dan para personel operasional yang bekerja secara langsung dengan sistem tersebut sebagai tanggung jawab harian mereka.
- Pemegang kepentingan adalah orang-orang di dalam atau di luar perusahaan yang memiliki kepentingan atas sistem terkait akan tetapi bukan merupakan pengguna akhir sistem tersebut. Orang-orang ini meliputi akuntan, auditor internal dan eksternal, serta komite pengarah internal yang mengawasi pengembangan sistem
3. Apa saja
tiga masalah yang menyebabkan kegagalan sistem?
-
Kurangnya penyesuaian pengembangan sistem
-
Pengembangan sistem yang tidak dapat dipelihara
-
Adanya kerusakan dan kesalahan rancangan
5. Siapa yang
harus masuk dalam komite pengarah? Apa saja tanggung jawab komite pada umumnya?
CEO,
direktur keuangan, direktur informasi, pihak manajemen senior dari berbagai
area pengguna, auditor internal, pihak manajemen senior dari layanan komputer.
Tanggung jawab komite meliputi:
· Mengatasi
berbagai konflik yang timbul dari sistem baru
· Mengkaji
berbagai proyek dan menetapkan prioritas
· Menganggarkan
dana untuk pengembangan sistem
· Mengkaji
status tiap proyek yang sedang berjalan
· Menentukan melalui berbagai titik
pemeriksaan di seluruh SDLC apakah akan melanjutkan proyek atau menghentikannya.
7. Apa yang
dimaksud dengan perencanaan strategis dan mengapa harus dilakukan?
Perencanaan strategis adalah melibatkan alokasi berbagai sumber daya
sistem di tingkat makro. Biasanya perencanaan ini berhubungan dengan kerangka
waktu tiga hingga lima tahun. Mengapa harus dilakukan?
-
Rencana yang berubah secara konstan lebih
baik dari pada tidak ada rencana
-
Perencanaan strategis mengurangi komponen
krisis dalam pengembangan sistem
-
Perencanaan sistem strategis memang selalu
berhasil baik.
9. Apa yang
dimaksud dengan pendekatan desain berorientasi objek (object-oriented
design-OOD?
OOD
(object oriented design) adalah metode mendesaian yang mencakup proses
pendekompoisian objek dan digambarkan dalam notasi sehingga bisa menggambarkan
static dan dynamic model sistem baik secara logical dan atau physical.
11. Apa saja teknik utama dalam mengumpulkan fakta?
Observasi,
keterlibatan dalam pekerjaan, wawancara personal, serta mengkaji dokumen
sumber.
13. Bedakan antara sumber data, penyimpanan data,
dengan aliran data?
- Sumber data adalah sumber data
meliputi berbagai entitas eksternal, seperti pelanggan atau vendor.
-
Penyimpana data adalah penyimpanan berbentuk file, basis data, akun, dan
berbagai dokumen sumber yang digunakan dalam sistem.
-
Aliran data adalah aliran data diwakili oleh perpindahan berbagai dokumen dan
laporan antar sumber data, penyipanan data, pekerjaan pemrosesan, dan pengguna.
15. Apa tujuan dari analisis sistem, dan apa jenis
informasi yang harus dimasukkan ke dalam laporan analisis sistem?
Tujuannya menganalsis
secara simultan ketika melakukan pengumpulan fakta. Jenis informasi :
-
Menyajikan pihak manajemen atau komite
pengarah bebagai temuan survey
-
Masalah yang diindentifikasi dalam sistem
yang ada
-
Kebutuhan pengguna
-
Kebutuhan sistem yang baru
17. Apa saja dua pendekatan dalam desain konseptual
sistem?
Pendekatan
struktur dan pendekatan berorientasi objek.
19. Apa yang dimaksud dengan objek, dan apa saja
karakteristik pendekatan berorientasi objek? Berikan dua contoh.
Objek merupakan
adalah lokasi dimemori yang memiliki nilai dan direferensikan oleh
pengidentifikasikan. Karakteristiknya, mengembangan sistem informasi dari
berbagai komponen atau objek standar yang dapat digunakan kembali. Contohnya yaitu
proses dalam pembuatan mobil.
21. Siapa yang seharusnya dilibatkan dalam kelompok
pengevaluasi independen dalam melakukan studi kelayakan terperinci?
Jawab : Auditor dan Komite pengarah
23. Klasifikasikan hal-hal berikut ini sebagai biaya
yang timbul sekali atau yang berulang:
a. melatih
personel (Biaya timbul sekali)
b.
pemrograman dan pengujian awal (Biaya timbul sekali)
c. desain
sistem (Biaya timbul sekali)
d. biaya
peranti keras ( Biaya berulang)
e. biaya
pemeliharaan peranti lunak (Biaya berulang)
f.
persiapan lokasi (Biaya timbul sekali)
g. sewa
fasilitas (Biaya berulang)
h.
konversi data dari sistem lama ke sistem baru (Biaya timbul sekali)
i. biaya
asuransi (Biaya berulang)
j.
instalasi perlengkapan awal (Biaya timbul sekali)
k.
pembaruan peranti keras (Biaya ulang)
25. Diskusikan berbagai kebaikan dari peranti lunak
yang dikembangkan secara internal dengan yang dikembangkan secara komersial.
Peranti
lunak dikembangkan secara internal membutuhkan keberadaan staf sistem tetap
sebagai analisis serta programer yang akan mengidentifikasi kebutuhan informasi
para pengguna dan memuaskan kebutuhan mereka melalui sistem yang disesuaikan.
Peranti
lunak yang dikembangkan secara komersial pihak manajemen harus memilih sistem
dan vendor yang tepat dengan sangat baik melayani kebutuhan perusahaan. Membuat
pilihan yang optimal mensyaratkan bahwa keputusan diambil berdasarkan informasi
yang memadai.
27. Mengapa data uji harus disimpan setelah digunakan?
Karena untuk
memfasilitasi pengujian di masa mendatang, data uji ini akan memberikan auditor
kerangka rujukan untuk digunakan kembali. Data uji ini akan memberikan auditor
kerangka rujukan untuk mendesain dan mengevaluasi berbagai pengujian audit di
masa mendatang.
29. Dokumen apa saja yang biasanya tidak dibutuhkan
oleh pemegang kepentingan lain akan tetapi dibutuhkan akuntan dan auditor untuk
sistem baru?
- Desainer
dan programer sistem.
- Operator
komputer
- Pengguna
akhir.
Pertanyaan
DISKUSI
1. Berikan
pendapat anda mengenai pernyataan berikut ini: “Tahap pemeliharaan dalam SDLC
melibatkan perubahan mendasar yang mengakomodasi perubahan kebutuhan pengguna”.
Menurut saya
: jika kebutuhan pengguna berubah, maka akan sulit atau bahkan tidah mungkin
untuk memodifikasi peranti lunak.
3. Apakah
rencana strategis yang baik berorientasi pada perincian?
Tidak,
karena rencana tersebut harus memungkinkan para spesialis sistem membuat
keputusan berdasarkan informasi yang memadai dengan mempertimbangkan berbagai
faktor yang relevan, seperti harga, ukuran kinerja, ukuran, keamanan, dan
pengadilan.
5. Apa tujuan
yang diberikan proposal proyek sistem? Bagaimana tujuan ini dievaluasi dan
dibuat prioritasnya? Apakah proses pembuatan prioritas adalah proses yang
objektif atau subjektif?
Tujuannya
proposal tersebut meringkas berbagai temuan dari penelitian yang dilakukan pada
tahap ini menjadi rekomendasi umum untuk sistem baru atau untuk modifikasi
sistem. Pihak manajemen mengevaluasi masalah yang dianggap ada bersama dengan
sistem yang diusulkan sebagai solusi yang layak dijalankan. Proses pembuatan
harus objektif.
7. Kurangnya
dukungan dari pihak manajemen puncak menengah pada kegagalan proyek sistem baru
selama tahap implementasi. Mengapa menurut anda dukungan dari pihak manajemen
begitu penting?
Menurut saya
: karena Pihak manajemen mengevaluasi masalah yang dianggap ada bersama dengan
sistem yang diusulkan sebagai solusi yang layak dijalankan.
9. Bandingkan
dan bedakan antara pendekatan desain terstruktur dan pendekatan berorientasi
objek. Mana menurut anda yang lebih menguntungkan? Mengapa?
Pendekatan
desain terstruktur mengembangkan tiap sistem baru dari nol serta dari atas ke
bawah, sedangkan pendekatan berorientasi objek adalah mengembangkan dari bawah
ke atas melalui perakitan berbagai modul yang dapat digunakan kembali, bukan
membuat sistem dari nol. Menurut saya : yang lebih menguntungkan Pendekatan
Berorientasi Objek. Karena mengembangkan sistem dengan pendekatan berorientasi
objek dapat digunakan kembali dibandingkan pendekatan terstruktur yang mulai
dari nol.
11. Manfaat tidak berwujud biasanya sangat sulit untuk
diukur secara akurat. Beberapa desainer beragumentasi bahwa jika anda tidak
memperhitungkannya, maka akan dihasilkan perkiraan yang konservatif. Manfaat
lebih apapun akan diterima, tetapi tidak disyaratkan untuk keberhasilan sistem
yang baru. Apa saja bahaya dari sudut pandang ini?
- Hanya biaya
yang dapat dihindari yang digunakan dalam perhitungan manfaat dari penghematan
biaya
- Penggunaan tingkat bunga yang wajar
dalam mengukur nilai sekarang arus kas
- Biaya yang timbul sekali dan biaya
berulang dilaporkan secara lengkap dan akurat
13. Selama prosedur data uji, mengapa pengembang harus
menguji data yang “Buruk”?
Karena agar
mengetahui kekurangan dari data tersebut dan data uji ini memberikan auditor
kerangka rujukan untuk mendesain dan mengevaluasi pengujian audit di masa yang
akan datang.
15. Buku petunjuk operasi untuk operator komputer
secara teori sama dengan daftar periksa bagi pilot pesawat yang digunakannya
unutk lepas landas dan mendarat. Jelaskan mengapa buku petunjuk ini penting?
Supaya
membimbing pengguna secara interaktif mengenai penggunaan sistem.
17. Diskusikan peran penting melibatkan akuntan dalam
tahap desain terperinci dan implementasi. Pekerjaan apa saja yang dilakukan
akuntan?
Menyajikan
secara formal dalam laporan desai terperinci. Laporan ini membentuk serangkaian
cetak biru yang menspesifikasikan format layar input, tata letak laporan
output, struktur basis data, dan logika proses.
19. Diskusikan berbagai ukuran kelayakan yang harus
dipertimbangkan. Berikan contoh untuk tiap ukuran tersebut?
- Kelayakan hukum : pembuat keputusan harus memastikan
diri bahwa sistem yang diusulkan tidak melanggar batasan hukum yang ada. Contohnya
: suatu sistem diterapkan akan tetapi melanggar privasi serta kerahasiaan yang
disimpan.
- Kelayakan operasional : menunjukan tingkat
kesesuaian antara prosedur perusahaan yang ada dengan berbagai keahlian serta
kebutuhan operasional yang baru. Contohnya : saat sistem diterapkan kita
melihat dulu apakah sistem ini layak untuk digunakan atau tidak.
-Kelayakan jadwal : berhubungan dengan kemampuan
perusahaan untuk mengimplementasikan proyek tersebut dalam waktu yang dapat di
toleransi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar