Senin, 09 Desember 2013

Bab 4, Masalah komunikasi

Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal maupun nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu.

Bentuk Dasar Komunikasi
Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan baik secara tertulis (written) maupun lisan (oral).
Contohnya:
  • Membuat dan mengirim surat pengantar barang ke suatu perusahaan.
  • Membuat dan mengirim surat penerimaan kerja.
  • Melakukan negosiasi dengan pelaku bisnis lain.

Penyampaian pesan-pesan bisnis dapat dilakukan secara tertulis atau lisan (ucapan). Sedangkan penerimaan pesan-pesan bisnis dapat dilakukan melalui bacaan dan pendengaran.
Komunikasi Nonverbal
  • Bahasa isyarat
  • Ekspresi wajah
  • Sandi
  • Simbol-simbol
  • Pakaian seragam
  • Warna
  • Intonasi suara

Contohnya:
  • Berpangku tangan untuk menunjukkan seseorang sedang melamun.
  • Menganggukkan kepala untuk menunjukkan tanda setuju atau OK.
  • Telapak tangan yang terbuka untuk menunjukkan kejujuran.

Pentingnya Komunikasi Nonverbal
Komunikasi nonverbal penting artinya terutama dalam menyampaikan perasaan dan emosi, mendeteksi kecurangan atau kejujuran, serta sifatnya yang efisien.
Tujuan Komunikasi Nonverbal
  • Memberikan informasi.
  • Mangatur alur suatu percakapan.
  • Mengekspresikan emosi.
  • Memberi sifat, melengkapi, menentang, atau mengembangkan pesan-pesan verbal.
  • Mengendalikan atau mempengaruhi orang lain.
  • Mempermudah tugas-tugas khusu, misalnya memberi contoh cara mengayunkan tongkat golf yang baik dan benar.

Proses Komunikasi
Menurut Bovee dan Thill dalam buku Business Communication Today, 6e, proses komunikasi terdiri atas enam tahap, yaitu:
  1. Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
  2. Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan.
  3. Pengirim menyampaikan pesan.
  4. Penerima menerima pesan.
  5. Penerima menafsirkan pesan.
  6. Penerima menberi tanggapan dan mengirm unpan balik kepada pengirim.

Munculnya Kesalahpahaman Komunikasi
1. Masalah dalam mengembangkan pesan, seperti:
  • keraguan isi pesan
  • asing dengan situasi yang ada
  • pertentangan emosi
  • sulit mengekspresikan ide/gagasan
2. Masalah dalam menyampaikan pesan
seperti terkait dengan sarana fisik untuk berkomunikasi
3. Masalah dalam menerima pesan, seperti:
  • adanya persaingan antara penglihatan dan suara
  • kursi yang tidak nyaman
  • lampu kurang terang
  • kondisi lain yang mengganggu konsentrasi audiens
4. Masalah dalam menafsirkan pesan, seperti:
  • perbedaan latar belakang
  • perbedaan penafsiran
  • perbedaan reaksi emosional

Bagaimana Memperbaiki Komunikasi
Komunikasi efektif memerlukan beberapa hal:
  • persepsi
  • ketepatan
  • kredibilitas
  • pengendalian
  • keharmonisan
Mengatasi hambatan komunikasi:
  • membuat pesan lebih hati-hati
  • minimalisasi gangguan proses komunikasi
  • mempermudah umpan balik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar